MATERI KEBUGARAN JASMANI
PENJASKES KELAS 9

Hallo Sahabat sabar aza, kali ini saya akan membagikan postingan materi penjas kelas 9 tentang kebugaran jasmani, karena kesehatan adalah sebagai senjata utama dalam aktivitas sehari-hari... hayo langsung za ini dia materi yang dapat saya bagikan..

      Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga dan yang paling utama dalam kehidupan.dengan sehat, maka segala aktivitas yang kita kerjakan akan dapat berjalan dengan baik. Kebugaran jasmani tidak hanya menggambarkan kesehatan, akan tetapi lebih merupakan cara mengukur individu melakukan kegiatanyya sehari-hari. Menjaga kesehatan jasmani kita adalah mutlak harus dilakukan, sebab jika kita tidak bisa menjaganya dengan baik, maka akan berdampak buruk bagi kelangsugan hidup yang akan kita jalani, kebugaran jasmani harus ditingkatkan melakui latihan yang teratur. Kurangnya daya tahan kelenturan persendian, kekuatan, dan kelincahan menyebabkan kondisi fisik seseorang tidak sempurna. Untuk menjaga kesehatan jasmani tindaklah membutuhkan biaya yang sangat mahal, kamu hanya perlu disiplin, tertib, dan teratur dalam melakukannya. Berikut adalah bentuk latihan dalam meningkatkan kebugaran jasmani :



A. Jenis-jenis Kebugaran Jasmani
    1. Kebugaran Jasmani yang Berhubungan dengan Kesehatan
        a. Daya tahan jantung dan paru-paru, yaitu komponen yang menggambarkan kemampuan dan                  kesanggupan melakukan kerja dalam keadaan mengambil dan menyuplai oksigen yang                        dibutuhkan.
        b. Kekuatan otot, yaitu kekuatan otot yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari terutama                    tungkai yang harus menahan berat badan. Semakin tua seseorang, maka semakin                                  berkurang kekuatan otot-ototnya apabila tidak berlatih secara teratur. Pada kekuatan otot in                  dapat dilakukan dengan pusp up, sit up, back up, squat jump, dan standing broad jump.
        c. Daya tahan otot, yaitu kemampuan dan kesanggupan otot melakukan kerja berulang ulang                    tanpa mengalami keletihan.
        d. Fleksibilitas otot, yaitu kemampuan gerka maksimal suatu persendian. Hal ini juga                              mengurangi terjadinya resiko cedera.
        e. Komposisi tubuh, yaitu berhubungan dengan pendistribusian otot dan lemak ke seluruh                        tubuh. Kelebihan lemak akan menyebebakan kegemukan serta meningkatkan resiko                            menderita berbagai penyakit.
   2. Kebugaran jasmani yang Berhubungan dengan keterampilan Motorik
        a. Keseimbangan ( balance ), berhubungan dengan sikap memertahankan keadaan                                    keseimbangan ketika diam atau bergerak
        b. Daya ledak ( eksplosif power ), berhubgungan dengan laju ketika seseorang melakukan                        kegiatan. Daya ledak merupakan hasil dari kekuatan dikalikan dengan kecepatan.
        c. Kecepatan ( speed ). Kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan yang                                      berkesinambungan dalam bentuk yang sama dengan waktu yang sesingkat-singkatnya.
        d. Kelincahan ( agility ), berhubungan dengan kemampuan cara mengubah posisi tubuh                            dengan kecepatan dan ketepatan yang tinggi.
        e. Kecepatan reaksi, berhubungan dengan kemampuan sesorang untuk segera bertindak                            dalam menanggapi rangsangan yang ditimbulkan oleh indra saraf.
        f. Koordinasi, berhubungan dengan kemampuan untuk menggunakan panca indra secara                          bersama-sama dengan bagian tubuh tertentu di dalam melakukan kegiatan.

B. Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani
       1. Latihan Daya Tahan
                a. Daya tahan ( Respiratio – Cardio – Vasculator endurance )
                    Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan kerja dalam waktu yang                            relatif lama. Respiratio – Cardio – Vasculator endurance adalah daya tahan                                            pernapasan, jantung, dan peredaran darah.
                    Speed play, yaitu latihan dengan lari lambat kemudian diselingi dengan lari                                          cepat/sprint. Selanjutnya, diteruskan dengan joging dan lari jarak menengah dengan                              tempo sedang, diselingi joging dan sprint. Latihan speed paly ini dilakukan di alam                              terbuka
                b. Latihan daya tahan otot
                    Latihan daya tahan otot dapat dilakukan dengan weight training yaitu metode latihan                            ketahanan dengan menggunaan beban sebagai alat untuk meningkatkan kondisi fisik                            termasuk kesegaran jasmani dan kesehatan pada umumnya.
                    Untuk meningkatkan daya tahan otot diperluka frekuensi latihan-latihan 3 kali                                      perminggu. Two arms press dilakukan dengan cara beban diangkat ke atas setinggi                              dada sehingga kedua lengan lurus. Lakukan berulang kali dengan beban dari yang                                 ringan ke yang berat.
         2. Latihan Kelincahan ( Agility )
                Latihan kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan                          cepat dan tepat pada watu bergerak tanpa kehilangan adalah lari bolak-balik yang                                  dilakukan secepat mungkin sebanyak 6-9 kali dalam jarak 4-5 meter. Setiap kali sampai                      pada satu titik sebagai batas, si pelaku arus secepatnya berusaha mengubah arah untuk                          berlari menuju titik lainnya.
         3. Latihan kekuatan
                Bentuk-bentuk latiha kekuatan sebagai berikut :
                a. Melatih kekuatan otot perut dan dapat dilakukan sit up berpasangan
                b. Melatih kekuatan otot punggung dapat dilakukan back up berpasangan dengan teman                          atau mengangkat barbel dipunggung
                c. Melatih kekuatan otot kaki dengan squat jump ataupun mengangkat barbel sambil                                naik turun bangku.
                d. Melatih kekuatan otot tangan dengan pusp up ataupun mengangkat barbel di                                          punggung dan tangan mengarah ke belakang.
         4. Latihan Kecepatan
              Bentuk-bentuk latihan kecepatan sebagai berikut :
              a. Lari interval ( interval training ) menempuh jarak yang relatif pendek, misalnya jarak 40                     meter.
                 Contoh rencana latihan dari interval menempuh jarak pendek:
                 1. Jarak tempuh 40 meter
                 2. Waktu tempuh yang harus dicapai 6-8 meter
                 3. Pengulangan 10 kali
             b. Lari akselerasi ( acceleration running ) meliputi :
                 1. Kombinasi lari pelan ( jogging ) dan lari cepat ( Sprint )
                 2. Kombinasi lari akselerasi ( accelaration running ) diselingi lar eselarasi ( deselaration                           running )
                 Contoh rencana latihan lari akselerasi :
                 a. Lari jarak tempuh 10 m terdiri ata 10 meter lari pelan 10 meter lari sedang 20 meter lari                       cepat
                 b. Waktu tempuh 8-10 meter
                 c. Pengulangan 10 kali
             c. Lari naik dan turun bukit, meliputi :
                1. Lari naik bukit ( uphill running ), lari ini jelas bertujuan mengembangkan kekuatan otot-                      otot tungkai
                2. Lari turun bukit ( Downhll running ), lari ini bertujuan melatih kecepatan frekuensi                              gerak kaki. Lari ini lebih baik lagi jika dilakukan pada saat ada angin dari belakang.
         5. Bentuk-bentukk Latihan Kelentukan
             Latihan kelentukan yang sifatnya statis adalah altihan kelentukan tidak dengan gerak yang                   berulang-ulang. Bentuk latihan kelentukan sebagai berikut :
             a. Mencium lutut dari sikap duduk dengan paha dan kaki tetap menempel pada lantai,                               lakukan 10 kali hitungan
             b. Split atau membuka kedua kaki ke samping selebar-lebarnya hingga punggung menempel                   pada lantai, tahan sampai 10 kali hitungan

MATERI PENJAS : KEBUGARAN JASMANI KELAS 9 
Demikianlah postingan kali ini tentang materi penjas kebugaran jasmani semoga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. tunggu postingan berikutnya di www.sabaraza.com

untuk yang ingin materi kebugaran jasmani bisa donwload dibawah ini :



loading...